Anti HBs

Anti HBs merupakan antibodi spesifik untuk HBsAg, muncul di darah 1 sampai 4 bulan setelah terinfeksi virus hepatitis B. Anti HBs diinterpretasikan sebagai kekebalan atau dalam masa penyembuhan penyakit hepatitis B. Antibodi ini memberikan perlindungan terhadap penyakit hepatitis B.

Tes anti-Hbs positif juga dapat berarti seseorang pernah mendapat vaksin hepatitis B atau immunoglobulin. Hal ini juga dapat terjadi pada bayi yang mendapat kekebalan dari ibunya. Anti-Hbs posistif pada individu yang tidak pernah mendapat imunisasi hepatatitis B menunjukkan bahwa individu tersebut pernah terinfeksi virus hepatitis B.

Dulu, diperkirakan HBsAg dan anti HBs tidak mungkin dijumpai bersama-sama, namun ternyata sepertiga carrier HBsAg juga memiliki anti-HBs. Hal ini dapat disebabkan oleh infeksi simultan dengan sub-tipe yang berbeda.


PROSEDUR

Metode

Anti-HBs dapat dideteksi dalam darah dengan beberapa tehnik imunoassay, diantaranya seperti enzyme immunoassay atau enzyme linked fluorescent assay (ELFA). Pada tehnik ELFA, anti-HBs dideteksi berdasarkan intensitas fluoresensi dari sampel setelah penambahan substrat yang mengandung zat fluorescen.

Spesimen

Untuk mendeteksi anti-HBs dapat digunakan serum atau plasma heparin. Sebanyak 3-5 ml darah vena diambil dan dikumpulkan dalam tabung tutup merah atau tutup kuning dengan gel separator, atau tabung tutup hijau (lithium heparin). Sampel darah dipusingkan, lalu serum atau plasmanya dipisahkan untuk diperiksa laboratorium.

Setelah dipisahkan dari bekuan, sampel serum atau plasma dapat disimpan pada suhu 2-8'C dan dapat bertahan selama 5 hari. Jika disimpan pada suhu -25 ±6'C tahan selama 2 bulan.


Nilai Rujukan : -

Masalah Klinis : -

Faktor yang dapat memepengaruhi hasil laboratorium :
• Sampel hemolisis, lipemia, dan hiperbilirubinemia.

www.ihsan.co.nr

Baca Juga Yang Ini



19 comments:

kiponrokin said...

saya sudah memperoleh vaksinasi Hepatitis B di tahun 2008, dan dalam pemeriksaan darah sudah dinyatakan Anti HBs Positif.

Namun demikian, pada pemeriksaan darah di tahun 2010, hasil lab.nya non reaktif (tidak memiliki kekebalan thd virus Hepa B).

Apakah memang bisa begini ? atau hasil lab nya yg salah.

terima kasih

Riswanto said...

Indra yang baik.
Respon tubuh seseorang dalam menerima vaksin bisa berbeda dengan orang lain. Atau bisa karena kualitas vaksin, jenis bahan pembuat vaksin, atau karena terjadi mutasi gen dari virus yang telah dilemahkan untuk vaksin.
Coba lakukan vaksinasi lagi dengan vaksin hepatitis jenis lain (merk lain), konsultasikan dengan dokter atau tempat pelayanan kesehatan Anda. Jangan lupa untuk tetap menjaga pola hidup sehat dan menghindari faktor risiko penularan hepatitis.
Semoga bermanfaat.

Anonymous said...

adakah herbal ntuk mengemabilkan anti Hbs, krn sy telah terkenan virus hepatitis b dan sekarang sgot sy 40 dari sebelumnya 583, sedangkan sgpt sy sekarang 54 dari sebelumnya756

Yudi said...

Nilai anti-HBs saya 83, riwayat vaksin 2th yang lalu. Perlukah saya melakukan booster? Lingkungan kerja saya yg beresiko tinggi tertular kpn sy melakukan cek ulang?

Unknown said...

Dear Rahma,
Untuk anti HBs, nilainya dapat berubah tergantung kondisi tubuh Anda.
Oleh karenanya, dibutuhkan pemeriksaan berkala (sekitar 1-2 tahun sekali) dan juga pemberian vaksin (tergantung dari hasil testnya).
Silakan konsultasikan ke dokter, jika hasilnya di bawah 100 mIU/mL.
semoga membantu

Unknown said...

Sy tertusuk jarum psien dg diagnosa hepatitis a,toxo dan abses cerebri. Lalu sy sdh cek hbsag,anti hcv,anti hiv dg hasil negatif. Sy sdh konsul ke dkter disruh cek anti hbsag. Kira" apa yg hrs sy lakukan jika hasil anti hbsag nya positif atau negatif? Vaksin itu dibutuhkan saat hasil lab nya bagaimana? Apakah sy aman saja dan tidak perlu vaksin melihat diagnosa pasien sbelumnyA? Tlg bantuan nya..trimakasih

Unknown said...

Sy tertusuk jarum psien dg diagnosa hepatitis a,toxo dan abses cerebri. Lalu sy sdh cek hbsag,anti hcv,anti hiv dg hasil negatif. Sy sdh konsul ke dkter disruh cek anti hbsag. Kira" apa yg hrs sy lakukan jika hasil anti hbsag nya positif atau negatif? Vaksin itu dibutuhkan saat hasil lab nya bagaimana? Apakah sy aman saja dan tidak perlu vaksin melihat diagnosa pasien sbelumnyA? Tlg bantuan nya..trimakasih

Unknown said...

Maaf mau nanya, kalo hasil tes anti hbsag nya diatas 10 gimana ya? Tapi hbs nya negatif. Terimakasih

bintang pancar said...

pada thn 2011 saya terkena hep b anti hbs neg dan sgot 2125 bill 20,saya berobat rutin di rmh sakit sampai +- 2 thn.pada pd awal thn 2014 sy cek darah anti hbs dan sgot bill hasil'a anti hbs pos dan sgot 25 bill 5.kata dokter saya sudah sembuh,apakah penyakit tersebut bisa terkena kembali atau tidak.thank's

Unknown said...

Salam sejahtera, pemeriksaan darah HBs hsl 207 Nilai rujukan negatip < 10, satuan mUI/ml. Yosep Papua.

Unknown said...

Anti HBs kualitatif saya reaktif apa artinya ya?

Unknown said...

Anti hbs positif >1000 artinya apa ya,, non reactive.. ???

Linda said...

Anti Hbs > 1000 IU/I Positiv Apa Artinya?

Unknown said...

Selamat malam. Saya mau tanya. Hasil medikal suami saya di perusahaannya hasilnya begini :

HBsAg * reaktif
Anti hbs * reaktif

Itu maksuknya apa ya?? ? Apakah hepatitis B nya bisa menular??

ridwankhoerudin said...

Salam dokter minggu kmrn sy dirawat di RS hsl hepatitis b nya negatif itu hasil lab dr RS.sdngkn yang A hslnya reaktif dr lab prodia kmdian dokter suruh cek yg hbs titernya hasilnya reaktif.ko bs beda gitu ya.mohon penjelasannya

Unknown said...

sslam dokter kalau hasil titer hbsag hasilnya 18.68 itu termasuk tinggi atau rendah? dan pengobatanya harus bagaimana?? terimakasih

Survival said...

Gimana suami sudah sembuhkah?karena anti hbs sudah muncul

elika said...

salam dokter,

kalau anti hbs 1000 normalkah atau ada penyakit yang lain.
mohon penjelasanya

Unknown said...

Sore dok, saya mau tanya klo anti hbs 55,33 apakah itu normal ato tidak untuk baby umur 9bln, mohon pencerahannya🙏

Post a Comment